Manual – Basic : Winbox Mikrotik


Winbox adalah utilitas kecil yang memungkinkan pemberian Mikrotik RouterOS menggunakan GUI cepat dan sederhana. Win32 asli, tapi dapat dijalankan di Linux dan Mac OSX menggunakan Wine.

Semua fungsi Interface Winbox adalah sebagai sedekat mungkin dengan fungsi Console, itu sebabnya tidak ada bagian Winbox di manual.

Beberapa konfigurasi penting canggih dan sistem yang tidak mungkin dari winbox, seperti perubahan alamat MAC pada sebuah Interface.

Memulai Winbox

Winbox loader dapat didownload langsung dari router.

Buka browser Anda dan masukkan alamat IP router, RouterOS halaman Welcome akan ditampilkan. Klik pada link untuk mendownload winbox.exe

Ketika winbox.exe telah di download, double klik dan jendela winbox loader akan muncul:

Untuk terhubung ke router masukkan IP atau MAC Address dari router, tentukan username dan password (jika ada) dan klik tombol Connect.

Catatan: Direkomendasikan untuk menggunakan alamat IP bila memungkinkan!!.sesi MAC menggunakan Broardcast Network dan 100% tidak dapat diandalkan.

Anda juga dapat menggunakan neighbor discovery, ke daftar router yang tersedia dengan mengklik tombol [...]:

Dari daftar discovered routers. Anda dapat klik pada kolom IP atau MAC Address untuk dapat terhubung ke router. Jika anda klik pada IP Address maka IP akan digunakan untuk terhubung, tetapi jika Anda klik pada MAC Address maka MAC address akan digunakan untuk terhubung ke router.

Catatan: Neighbor discovery akan menunjukkan juga perangkat yang tidak kompatibel dengan Winbox, seperti router Cisco atau perangkat lain yang menggunakan CDP (Cisco Discovery Protocol).

Deskripsi tombol dan bidang layar Winbox loader

[...] - Menemukan dan menunjukkan MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol) atau CDP (Cisco Discovery Protocol) perangkat.
Connect - Hubungkan ke router
Save - Menyimpan alamat, login, password dan catatan. entri yang disimpan akan ditampilkan pada bagian bawah jendela loader.
Remove - Menghapus entri yang dipilih dari daftar yang disimpan.
Tools ... - Memungkinkan untuk menjalankan berbagai perangkat: menghapus semua item dari daftar, membersihkan cache pada disk lokal, alamat impor dari file WBX atau ekspor mereka untuk WBX file.
Connect To: - tujuan IP atau MAC Address dari router
Login - username yang digunakan untuk otentikasi
Password - sandi yang digunakan untuk otentikasi
Save Password - jika dicentang, password tidak disimpan ke dalam daftar
Secure Mode - jika dicentang, winbox akan menggunakan enkripsi TLS untuk mengamankan sesi
Load Previous Session - jika diperiksa, winbox akan mencoba untuk mengembalikan semua membuka jendela sebelumnya.
Note - deskripsi router yang akan disimpan ke dalam daftar.

Peringatan: Kata sandi disimpan dalam teks biasa. Siapapun dengan akses ke sistem file Anda akan dapat mengambil password.

Konektivitas IPv6
Mulai dari v5RC6 Winbox mendukung konektivitas IPv6. Untuk terhubung ke router alamat IPv6, hal itu harus ditempatkan dalam kurung persegi sama seperti pada browser web saat menghubungkan ke server IPv6. Contoh:

Interface Overview

Winbox Interface telah dirancang untuk menjadi intuitif untuk sebagian besar pengguna. Interface terdiri dari:
--Main toolbar pada bagian atas dimana pengguna ca menambahkan kolom berbagai info, seperti CPU dan penggunaan memori.
--Menu bar di sebelah kiri - daftar semua menu yang tersedia dan sub-menu.Perubahan ini daftar yang tergantung pada paket-paket yang diinstal.Sebagai contoh jika paket IPv6 dinonaktifkan, maka IPv6 menu dan semua yang sub-menu ini tidak akan ditampilkan.
--Work area - daerah dimana semua menu jendela dibuka.

Title bar menampilkan informasi untuk mengidentifikasi dengan penerus yang Winbox sesi dibuka. Informasi ditampilkan dalam format sebagai berikut:

[username]@[Router's IP or MAC] ( [RouterID] ) - Winbox [ROS version] on [RB model] ([platform])

Dari screenshot di atas kita bisa melihat user yang masuk ke admin router dengan alamat IP 118.97.161.162 Router's ID adalah MikroTik , RouterOS versi yang terinstal adalah v5.0rc11, RouterBoard adalah RB1000 dan platform PowerPC.

Pada toolbar kiri sisi utama terletak tombol undo dan redo untuk segera membatalkan perubahan yang dibuat pada konfigurasi. Di sisi kanan terletak:
--winbox traffic indikator ditampilkan sebagai bar hijau,
--indikator yang menunjukkan apakah sesi winbox menggunakan enkripsi TLS
--centang kota Hide password. kotak centang ini menggantikan semua informasi sensitif (misalnya, sandi rahasia ppp) dengan simbol asterisk '*'.

Anak jendela menu bar
Setiap jendela anak memiliki toolbar sendiri. Most of the windows have the same set of toolbar buttons: Sebagian besar jendela memiliki set yang sama tombol toolbar:

Add - menambahkan item baru ke daftar
Remove - menghapus item yang dipilih dari daftar
Enable - mengaktifkan item yang dipilih (sama dengan memungkinkan perintah dari konsol)
Disable - item yang dipilih menonaktifkan (sama dengan perintah menonaktifkan dari konsol)
Comment - menambah atau mengedit komentar
Sort - memungkinkan untuk memilah-milah item tergantung pada berbagai parameter

Hampir semua jendela memiliki kolom pencarian masukan cepat di sisi kanan toolbar. Setiap teks yang dimasukkan dalam bidang ini dicari melalui semua item dan disorot seperti yang diilustrasikan pada gambar di bawah

Perhatikan bahwa di sisi sebelah kanan cepat mencari masukan mengajukan ada kotak Untuk saat ini dibuka (IP Route) jendela ini kotak dropdown memungkinkan untuk segera memilah-milah item dengan tabel routingMisalnya jika main dipilih, maka rute hanya dari tabel routing utama akan dicantumkan.
kotak dropdown yang sama juga di semua jendela firewall untuk segera memilah-milah aturan oleh rantai.

Memilah item yang ditampilkan
Hampir setiap jendela memiliki tombol Sort Ketika mengklik tombol ini beberapa pilihan muncul seperti yang diilustrasikan pada gambar di bawah

Contoh menunjukkan bagaimana dengan cepat menyaring rute yang di 118.97.161.160/29 range

1. Tekan tombol Sort
2. Memilih Dst.Address dari kotak drop-down pertama.
3. Memilih in bentuk kotak dropdown kedua. "In" berarti bahwa filter akan memeriksa apakah nilai alamat dst berada dalam jangkauan jaringan tertentu.]
4. Masukkan jaringan dimana nilai akan dibandingkan (dalam contoh kita masukkan "118.97.161.160/29")
5. Tombol-tombol ini untuk menambah atau menghapus filter lain ke stack.
6. Tekan tombol Filter untuk menerapkan penyaring.

Seperti yang dapat Anda lihat dari screenshot winbox diurutkan keluar rute hanya yang berada dalam 118.97.161.160/29 jangkauan.

Perbandingan operator berbeda untuk masing-masing jendela. Misalnya Ip Rute "jendela memiliki" hanya dua is dan in. jendela lain mungkin memiliki operator seperti "is not", "contains", "contains not".

Winbox memungkinkan untuk membangun tumpukan filter. Misalnya jika ada kebutuhan untuk menyaring berdasarkan alamat tujuan dan gateway, kemudian

set filter pertama seperti yang dijelaskan dalam contoh di atas,
tekan [+] untuk menambah bar filter di stack.
seconf mengatur filter untuk menyaring oleh gateway
tekan tombol Filter untuk menerapkan penyaring.

Anda juga dapat menghapus yang tidak perlu filter dari tumpukan dengan menekan] [tombol -.
Menyesuaikan daftar kolom ditampilkan
Secara default winbox menunjukkan parameter yang paling umum digunakan. Namun kadang-kadang diperlukan untuk melihat parameter lain, untuk "Path AS BGP" contoh atau untuk memantau atribut BGP jika rute yang dipilih dengan benar.

Winbox memungkinkan untuk menyesuaikan kolom ditampilkan untuk tiap jendela individu. Misalnya untuk menambahkan kolom BGP path SEBAGAI:

Klik tombol panah kecil (1) di sisi kanan judul kolom atau klik kanan mouse pada daftar rute.
Dari muncul menu akan berpindah ke Show Columns (2) dan dari sub-menu pilih kolom yang diinginkan, dalam kasus kami klik di BGP AS Path(3)

Perubahan yang dibuat untuk tata letak jendela disimpan dan waktu berikutnya ketika winbox dibuka urutan kolom dan ukuran yang sama diterapkan.

Detail Mode


Hal ini juga memungkinkan untuk mengaktifkan Detail Mode. Dalam mode ini semua parameter yang ditampilkan dalam kolom, kolom pertama adalah nama parameter, kolom kedua adalah nilai parameter's.

Untuk mengaktifkan modus detail klik kanan mouse pada daftar item dan dari popupmenu pick Detail Mode

Tampilan kategori

Hal ini dimungkinkan untuk item daftar berdasarkan kategori. Dalam modus tis semua item akan dikelompokkan menurut abjad atau menurut kategori lainnya. Untuk barang contoh dapat dikategorikan berdasarkan abjad jika diurutkan menurut nama, hal ini juga dapat dikategorikan menurut jenis seperti pada gambar di bawah.

Untuk mengaktifkan tampilan Category, klik kanan mouse pada daftar item dan dari pop up menu pick Show Categories

Drag & Drop
Hal ini dimungkinkan untuk meng-upload dan download file ke / dari drag winbox router menggunakan & fungsi drop.

Catatan: Drag & Drop tidak bekerja jika winbox berjalan di Linux dengan menggunakan wine. Ini bukan masalah winbox, wine tidak mendukung drag & drop.

Traffic monitoring
Winbox dapat digunakan sebagai alat untuk memonitor Traffic di setiap antrian, interface atau aturan firewall secara real-time. Screenshot di bawah ini menunjukkan graffic pemantauan lalu lintas ethernet.

Item copy
Ini menunjukkan betapa mudahnya untuk menyalin item di Winbox. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan tombol COPY untuk membuat Interface Dynamic WDS menjadi interface statis.

Gambar ini menunjukkan keadaan awal, seperti yang Anda lihat DRA menunjukkan "D" yang berarti dinamis:

Double-Klik pada Interface dan klik COPY:

Sebuah jendela Interface baru akan muncul, nama baru akan dibuat secara otomatis.

Anda dapat melihat bahwa status Interface baru telah berubah:

Memindahkan Pengaturan
Pada Windows Vista / 7 Winbox pengaturan disimpan di:% USERPROFILE% \ AppData \ Roaming \ Mikrotik \ Winbox \ winbox.cfg
Cukup copy file ini ke lokasi yang sama pada host baru.

--Selesai-- sumber : http://wirelessrouterproxy.blogspot.com