Manual – Basic : Webfig Mikrotik


Ringkasan

--WebFig adalah berbasis web RouterOS utilitas konfigurasi. Hal ini dapat diakses langsung dari router dan tidak ada software tambahan yang diperlukan (kecuali web browser, tentu saja).

--Seperti Webfig adalah platform independen, dapat digunakan untuk mengkonfigurasi router secara langsung dari berbagai perangkat mobile tanpa perlu sebuah software yang dikembangkan untuk platform tertentu.

--WebFig dirancang sebagai alternitive dari WinBox , keduanya memiliki tata letak yang sama dan keduanya memiliki akses ke hampir semua fitur RouterOS.

Menyambung ke Router

--WebFig dapat diluncurkan dari halaman rumah router yang dapat diakses dengan memasukkan alamat IP router dalam browser. Ketika halaman rumah berhasil dimuat, pilih webfig dari daftar ikon yang tersedia seperti yang diilustrasikan pada screenshot.

--Setelah mengklik ikon webfig, login prompt akan meminta Anda untuk memasukkan username dan password. Masukkan informasi login dan klik terhubung.

--Sekarang Anda harus dapat melihat webfig dalam tindakan.

IPv6 Konektivitas

--layanan http RouterOS sekarang mendengarkan pada alamat ipv6 juga.Untuk terhubung ke IPv6, di browser anda masukkan alamat ipv6 dalam kurung persegi, misalnya [2001: DB8: 1:: 4]. Jika diperlukan untuk menyambung ke link alamat lokal, jangan lupa untuk menentukan nama antarmuka atau interface id pada windows, misalnya [fe80:: 9f94: 9396% ether1].

Ikhtisar Interface

WebFig interface dirancang untuk menjadi sangat intuitif terutama bagi pengguna WinBox. Hal ini memiliki tata letak sangat mirip: menu bar di sebelah kiri, undo / redo di bagian atas dan kerja di sisa ruang yang tersedia.



--Saat tersambung ke router, bar judul browser (nama tab pada Chrome) menampilkan saat ini membuka menu, nama pengguna yang digunakan untuk mengotentikasi, alamat ip, identitas sistem, versi ROS dan model RouterBOARD dalam format sebagai berikut:

[menu] at [username]@[Router's IP] ( [RouterID] ) - Webfig [ROS version] on [RB model] ([platform])

--Menu bar hampir desain yang sama seperti menu bar WinBox. Anak panah di sisi kanan item menu menunjukkan bahwa menu ini memiliki beberapa sub-menu.

--Ketika mengklik pada item menu tersebut, sub-menu akan terdaftar dan panah akan menunjuk ke bawah, menunjukkan bahwa sub-menu terdaftar.

--Di bagian atas Anda dapat melihat tiga tombol umum Undo / Redo tombol mirip dengan winbox dan satu tambahan tombol Log Out. Di sudut kanan atas, Anda dapat melihat logo WebFig dan nama RouterBOARDS model.

--Pekerjaan daerah memiliki desain tab, di mana Anda dapat beralih di antara tab beberapa konfigurasi, misalnya di layar ada tercantum semua tab yang tersedia dalam menu Bridge (Bridge, Port, Filter, NAT, Rules).

--Di bawah tab terdaftar tombol untuk semua perintah menu khusus, misalnya Add New dan Pengaturan.


--Bagian terakhir adalah tabel semua item menu.Pertama kolom item memiliki tombol item perintah spesifik:


Item konfigurasi

--Saat mengklik salah satu item yang terdaftar, webfig akan membuka halaman baru yang menunjukkan semua parameter dapat dikonfigurasi, perintah spesifik item dan status.


--Di bagian atas Anda dapat melihat jenis item dan nama item Dalam screenshot contoh Anda dapat melihat item yang merupakan Interface dengan nama bypass

--Ada juga tombol perintah item tertentu (Ok, Cancel, Apply, Delete dan Torch).Ini bisa bervariasi antara item yang berbeda,Misalnya Torch hanya tersedia untuk Interface.

Item tombol Umum:

Ok - menerapkan perubahan pada parameter dan keluar
Cancel - keluar dan tidak menerapkan perubahan
Apply - menerapkan perubahan dan tetap di halaman ini
Delete - menghapus item saat ini

--Status bar mirip dengan winbox menunjukkan status bendera unsur tertentu misalnya bendera berjalan. berarti bahwa itu tidak aktif. Dalam screenshot contoh Anda dapat melihat bahwa berjalan adalah di padat Slave hitam dan abu-abu-ed, yang berarti interface yang sedang berjalan dan bukan merupakan slave Interface

--Daftar properti yang dibagi dalam beberapa bagian, misalnya "General", "STP", "Status", "Traffic.Dalam winbox bagian ini terletak dalam tab terpisah, tapi daftar webfig mereka semua dalam satu halaman menentukan nama bagian. Dalam screenshot bisa lihat "General" bagian. Grey-edout properti berarti bahwa mereka hanya-baca dan konfigurasi tidak mungkin.

Bekerja dengan File

--Webfig memungkinkan untuk meng-upload file langsung ke router, tanpa menggunakan layanan FTP. Untuk meng-upload file, buka menu File, klik tombol Telusuri, pilih file dan menunggu sampai file diupload.


--File juga dapat dengan mudah didownload dari router, dengan mengklik tombol Download di sebelah kanan entri berkas.


--Selesai-- sumber : http://wirelessrouterproxy.blogspot.com