Manual – Basic : Membuat AP Wireless Sederhana Mikrotik


Artikel ini akan menunjukkan gambaran yang sangat cepat untuk pemula tentang pengaturan Wireless Access Point dalam tool konfigurasi grafis RouterOS Winbox.

Persyaratan

--Router yang menjalankan RouterOS sarat dengan didukung MiniPCI Wireless Card
--Sebuah koneksi ke router melalui utilitas Winbox

Petunjuk

Mulailah dengan membuka jendela Interface Wireless di Winbox. Anda akan melihat beberapa Wireless Card tercantum di sini, Wireless Card mungkin dinonaktifkan - untuk mengubahnya, klik pada tombol Enable biru. Pastikan bahwa interface dikonfigurasi dan antena yang terhubung sebelum Anda mengaktifkan interface

Untuk mengkonfigurasi sebuah interface, double klik nama itu, dan jendela config akan muncul. Untuk mengatur perangkat sebagai sebuah AP, pilih "Ap Bridge" mode. Anda juga dapat mengatur hal-hal lain, seperti frekuensi, band yang diinginkan, SSID (AP identifier) dan profil keamanan.

Anda mungkin ingin Anda AP menjadi aman, sehingga anda perlu mengkonfigurasi keamanan WPA2. Tutup jendela pengaturan wireless dengan OK jika Anda selesai, dan pindah ke tab Security Profiles jendela interface Wireless. Di sana, membuat profil baru dengan tombol Add dan mengatur setting yang diinginkan WPA2. Anda dapat memilih profil keamanan baru ini kembali dalam konfigurasi Interface.

Untuk melihat apakah ada stasiun yang terhubung ke AP, pergi ke tab Registration Table jendela Interface Wireless.

Hanya menghubungkan mungkin tidak cukup, karena AP anda membutuhkan Ip address. Ini dapat dikonfigurasi dalam menu IP. Pastikan bahwa stasiun anda juga memiliki alamat IP dari subnet yang sama, atau mendirikan sebuah server DHCP di Router ini (yang tidak tercakup dalam tutorial ini).

Jika ISP anda tidak tahu tentang jaringan baru lokal dan belum mengatur rute yang tepat untuk itu, anda perlu mengkonfigurasi SRC-NAT sehingga stasiun Anda memiliki akses ke internet melalui alamat IP pribadi mereka. Mereka akan Masquerade oleh Teman-NAT fungsi router (yang tidak tercakup dalam tutorial ini)

---selesai--- sumber : http://wirelessrouterproxy.blogspot.com